Tips membuka usaha minimarket


(klik disini utk referensi sebagian daftar langganan kami)

Di tengah persaingan yang tambah ketat, terutama untuk kota2 besar seperti Jakarta, Surabaya, dsb, beberapa point berikut ini perlu diperhatikan untuk kelancaran usaha minimarket yg anda kembangkan, misalnya :

Lokasi dan tempat
Minimarket menjual barang-barang keperluan sehari2, sangat penting mencari lokasi yang dekat dengan pemukiman warga, kantor, dll sehingga hal ini akan menaikkan omset penjualan.

Pesaing usaha
Setelah memilih tempat, perhatikan dalam area 500 meter ada berapa pesaing / kompetitor ? Bila masih ada satu atau belum ada, atau jika memang sudah ramai dengan kompetitor, kita memerlukan sampling pelanggan dengan cara menghitung traffic pelanggan yang keluar masuk per hari per kompetitor, bila dirasa traffic ramai, diharapkan tempat tersebut juga layak, meskipun banyak kompetitor di tempat tersebut.

Supplier produk
Ada harga khusus dari supplier untuk minimarket jika membeli produk dengan jumlah besar, namun jika tidak melakukan pembelian dalam jumlah besar, sebaiknya mengambil profit minimum.

Ijin usaha
Ijin usaha selain dilakukan untuk pajak dsb, hal tersebut juga mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap barang yang kita jual, sehingga diharapkan waktu membuka minimarket sebaiknya juga dilakukan kepengurusan ijin usaha.

Seleksi karyawan / SDM
Usahakan seleksi karyawan yang memiliki sifat teliti, cekatan, ramah, dan ulet.

Pembelanjaan kebutuhan
Tidak semua produk harus ada dalam minimarket anda, dianjurkan sampling ke kompetitor untuk melihat produk apa saja yang sering dicari pelanggan, sehingga tidak perlu memaksakan mengisi minimarket kita dengan semua produk yang ada, terlebih lagi jika tidak memiliki budget yang besar.

Pemilihan perlengkapan minimarket
Luas area dan produk yang akan dipajang sangat mempengaruhi pembelian rak minimarket anda, sebaiknya lakukan analisa dengan yang sudah ahli di bidangnya, untuk menghitung keperluan rak minimarket, antara lain rak gondola, shelving, meja kasir, price card, trolley, dll

Silahkan konsultasi dgn kami LLJ Rak, kami sudah berpengalaman dalam pengadaan rak minimarket, baik yg baru akan buka, ataupun existing / expansi usaha